Stories

Memahami Jenis Warisan Budaya Indonesia 

Warisan Budaya Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan aspek benda, yang terdiri dari warisan budaya material & warisan budaya takbenda.

  1. Warisan budaya benda

Jenis pertama adalah warisan budaya Indonesia benda yang merupakan hasil karya manusia yang dapat dipindahkan atau tidak dapat dipindahkan, benda cagar budaya juga termasuk dalam jenis warisan budaya Indonesia ini.

warisan budaya benda ada berbagai macam seperti berbagai candi dan situs warisan sejarah, alat musik tradisional yang ada, senjata tradisional, dan berbagai hal lainnya.

  1. Warisan budaya takbenda

Jenis kedua adalah warisan budaya Indoenesia takbenda yaitu jenis warisan budaya yang hanya dapat ditangkap oleh panca indera lain di luar indera peraba, seperti berbagai konsep dan ilmu-ilmu budaya.

warisan budaya takbenda contohnya adalah lukisan tradisional, tarian tradisional, lagu daerah, bahasa daerah, dan masih banyak lagi.

Apakah kalian bisa membedakan antara Warisan Budaya Indonesia benda dan takbenda? 

Melestarikan, Melindungi, Mengembangkan, & Memasyarakatkan Warisan Budaya Bangsa Indonesia melalui WBI.

Related Articles

October 25, 2023
Tok! Sumbu Kosmologis Yogyakarta Resmi Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia
Tahukah Sahabat WBI, jika Sumbu Kosmologis di Daerah Istimewa Yogyakarta resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada 18…
Read More
March 11, 2023
Jagantara 2.0 2023, Ajak Anak Muda Lestarikan Budaya!Merajut Kebersamaan dalam Sebuah Keberagaman.
Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation yang bertujuan untuk melestarikan, menjaga,…
Read More
January 2, 2024
Fakta Unik Marbinda, Tradisi Sambut Natal dan Tahun Baru Khas Masyarakat Batak Toba
Perayaan Natal merupakan salah satu momen yang dinanti umat Kristiani. Biasanya mereka akan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan malam Natal…
Read More
chevron-down