Stories

MENGINGAT - WARISAN BUDAYA INDONESIA (WBI) MEMPERSEMBAHKAN JAGANTARA!

Pada July 29 hingga Agustus 21 2022, Warisan Budaya Indonesia (WBI) menyelenggarakan acara cultural heritage di ASHTA Mall District 8, Jakarta.

Melalui JAGANTARA, yang berarti Jaga Warisan Nusantara, WBI bertujuan untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan, & memasyarakatkan Warisan Budaya Bangsa Indonesia. Dalam nilai-nilai dan proposisi budaya, sosial, dan ekonomi. Juga meluaskan upaya mengajak generasi muda Indonesia untuk selalu membangun dan membantu budaya Indonesia. JAGANTARA mempersembahkan brand lokal, seni Indonesia, kuliner nusantara, fashion show, dan pertunjukan band dan musisi ternama. ASHTA District 8 telah di transformasi menjadi ruang warisan budaya Indonesia! Berikut beberapa event yang telah dijalankan oleh WBI dalam acara JAGANTARA.

 

Mendukung Lokal Brand dan Seni

 

Selama acara JAGANTARA, WBI mengandeng beberapa fashion brand lokal, makanan, generasi muda dan musisi untuk memperkenalkan produk-produk nya kepada masyarakat yang datang di ASHTA Distric 8.

JAGANTARA berhasil mendorong nama-nama perajin dan karya Nusantara selama acara, yang juga di dukung oleh sponsor-sponsor acara. WBI sebagai Yayasan sangat bangga dapat mencapai tujuan ini selama acara JAGANTARA berjalan, bahkan hingga saat ini.

 

Mengandeng Generasi Muda Berbudaya

 

anak-muda-wbi-menari

Dengan perkembangan teknologi dan sosial media, kita bisa mengalami banyak perubahan dari cara anak-anak dan generasi muda mengkonsumsi informasi. Dari sini kita bisa melihat bahwa peran generasi muda Indonesia sangat krusial dalam melestarikan dan menjaga budaya Indonesia.

JAGANTARA mempertunjukan bebebrapa aspek dan elemen dari fashion hingga kuliner yang dapat diserap oleh generasi muda Indonesia. Seperti menggabungkan fashion dengan wastra nusantara dari beberapa desainer Indonesia ternama. Kita dapat belajar bahwa wastra Nusantara dapat dikombinasikan dengan fashion zaman sekarang dan betapa pentingnya mempertunjukan di ranah yang mendukung.

Fashion show dijalankan oleh Generasi Muda Berbudaya WBI.

 

Acara Kuliner JAGANTARA

 

display-kuliner-jagantara

Kuliner Indonesia sudah dikenal secara global, dimana resep-resep dan rempah Nusantara telah mendunia. Di JAGANTARA, WBI membuka area di SPAC8, ASHTA untuk para kuliner lokal berjualan dan memperkenalkan makanan-makanan khas Indonesia kepada pengunjung Mall.

Selain itu, banyak acara kuliner yang berjalan setiap minggunya di JAGANTARA, seperti demo-masak dengan chef dan foodies ternama, cocktail dengan mixing lokal, dan workshop kuliner lainnya yang membahas mengenai rempah-rempah dan resep tradisional Indonesia.

Acara kuliner mengingatkan kita sebagai warga Indonesia bahwa kuliner kita itu penuh cita, rasa, dan sejarah yang luar biasa.

 

JAGANTARA Mengajak Keluarga Bergabung

 

keluarga-membatik-pada-acara-jagantara

JAGANTARA menciptakan lingkungan yang family friendly bagi keluarga yang ingin membawa orang-tuanya maupun anak-anaknya ke ASHTA District 8. Ada berbagai macam kegiatan dari Aksara, Membatik, dan Mengambar bagi keluarga.

Aksara, yaitu sebuah sistem penulisan suatu bahasa dengan menggunakan simbol-simbol atau keseluruhan sistem tulisan, seperti Aksara Bali dan Jawa. Saat JAGANTARA, para pengunjung dapat berpartisipasi dan menulis namanya di Aksara Bali maupun Aksara Jawa dalam waktu yang singkat.

Selain itu, ada juga membatk dan mengambar, dimana anak-anak bisa belajar cara membatik diatas kain menggunakan canting dan ikut serta dalam menggambar di Atrium ASHTA District 8.

 

Sinema Indonesia

Perfilman dan sinema Indonesia memilki sejarah yang dalam, pada JAGANTARA banyak showing perfilman Indonesia di FLIX Cinema, ASHTA District 8.

Berikut beberapa perfilman lokal yan g diputar saat JAGANTARA:

  • Arisan (KALYANA SHIRA FILM & Nia diNata)
  • Ini Kisah Tiga Dara (KALYANA SHIRA FILM & Nia diNata)
  • Athurah (Miles Films)

Tayangan sinema Indonesia di JAGANTARA terbuka untuk semua dan gratis. Dengan ini kita berharap agar generasi muda dapat memplajari sejarah dan makna perfilman asli Indonesia.

 

Pertunjukan Musik

 

performa-titi-dj-acara-jagantara

Pertunjukan musik juga menyemangatkan para pengunjung JAGANTARA. Pertunjukan musik ada dari musik etnik khas Indonesia, dan juga beberapa band ternama di Indonesia.

JAGANTARA mengadakan pertunjukan dari RAN, Maliq & D’essentials, DEWA 19, Titi DJ, Kahitna, Diskoria, Swain Mahisa dan Generasi Muda WBI, Chandra Satria, The Soulful dan DJ Hogi. Setiap malamnya diserukan dengan DJ performance di ASHTA Disctrict 8.

Para performer menggunakan wastra Nusantara saat pertunjukan mereka di JAGANTARA.

 

Tari dan Wushu

Dalam acara JAGANTARA ada pertunjukan dari Syandria & Kembalikan Baliku, dan juga pertunjukan Wushu Indonesia di Atrium ASHTA District 8.

Saat JAGANTARA  Syandria & Kembalikan Baliku membawakan tarian Janger Semara Ratih, ditemani dengan alunan gamelan oleh seniman  Desa Peliatan. Selebihnya Syandria & Kembalikan Baliku juga mengadakan live performance arak-arakan dan tarian bali lainnya.

Wushu juga di soroti pada acara JAGANTARA, yang di demonstrasikan oleh para atlet-atlet berbakat dari Team Wushu DKI jakarta. Mereka memakai kostum tradisional dan menampilkan seni bela diri yang hidup dengan menggunakan senjata unik dan tentunya semangat.

 

Heritage Diplomacy

Peresmian Heritage Diplomacy pada tanggal 11 Agustus 2022, menjadi event yang bersejarah bagi WBI di JAGANTARA.

Di acara JAGANTARA juga dapat peresmian Heritage Diplomacy bersama Ibu Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dan Ibu Yanti Airlangga, Ketua Umum WBI, didampingi oleh yang terhormat para Duta Besar dari berbagai Negara.

 

WBI Store di ASHTA District 8 

Jangan lupa, buat kalian yang ingin meliahat atau belanja dalam upaya mendukung perajin Indonesia, WBI Store telah buka di ASHTA Distric 8. WBI Store menyediakan berbagai macam tipe produk dan kain lokal. Tidak hanya pakaian, tetapi ada aksesoris, sepatu, dan lain-lainnya.

Terima kasih kepada teman-teman, keluarga, generasi muda Indonesia, para tamu, dan pengunjung ASHTA District 8 yang telah datang meramaikan acara JAGANTARA by WBI. Mari terus kita bersama berupaya melestarikan, melindungi, mengembangkan, & memasyarakatkan Warisan Budaya Bangsa Indonesia. Dalam nilai-nilai dan proposisi budaya, sosial, dan ekonomi. Juga meluaskan upaya mengajak generasi muda Indonesia untuk selalu membangun dan membantu budaya Indonesia.

Salam Budaya!

Related Articles

June 10, 2022
WBI Photo Competition Vol. 1 
Pada bulan Maret 1-31 Warisan Budaya Indonesia (WBI) menyelenggarakan WBI Photo Contest pertama #wbiphotocontest2022 untuk para fotografer di Instagram. Di…
Read More
chevron-down