Stories

Penyerahan Wastra Nusantara WBI kepada KJRI dan PTRI di New York, Amerika Serikat.

Indonesia kaya akan tradisi dan budaya. Mulai dari wastra, tarian, kuliner hingga bahasa, semuanya merupakan hasil cipta, karya dan karsa masyarakat Indonesia yang wajib untuk kita lestarikan dari generasi ke generasi. Kekayaan akan budaya inilah yang menjadikan Indonesia bernilai dimata dunia. Wastra Indonesia merupakan kain khas nusantara yang cukup terkenal hingga mancanegara, khususnya Batik. Oleh karena itu, wastra ini sering sekali dijadikan sebagai simbol Indonesia dalam memperkenalkan budayanya.

Dalam hal ini WBI Foundation turut berpartisipasi dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia di mata dunia, salah satunya melalui program penyerahan wastra Indonesia kepada Dubes RI di luar negeri. Wastra-wastra ini diserahkan dalam rangka upaya pengembangan diplomasi budaya dan ekonomi sekaligus sebagai simbol untuk mempromosikan budaya Indonesia di kancah Internasional.

Warisan Budaya Indonesia (WBI) menyerahkan lima wastra nusantara berupa batik kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk PBB di New York, Amerika Serikat. Pada tanggal 22-23 Desember 2022. Agenda penyerahan lima wastra Indonesia ini diawali dengan kunjungan WBI Foundation ke Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk PBB di New York, Amerika Serikat pada hari Kamis, 22 Desember 2022 yang diwakili oleh Ibu Yanti Airlangga, selaku Founder dan Ketua Umum WBI, beserta Ibu Loemongga Agus Gumiwang selaku Founder WBI, dan Audy Pratama sebagai representatif dari Divisi Anak Muda WBI. Adapun untuk Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) diwakili oleh Bapak Arrmanatha Christiawan Nasir beserta Ibu Nur Indah Sari Nasir.

Lima helai wastra yang diberikan kepada PTRI terdiri dari Batik Motif Jlamprang, Tenun Bali, Batik Tulis Motif Parang, Batik Tulis Lereng Bunga Pastel, dan Batik Tulis Motif Ayam. Masing-masing motif yang diberikan tentunya memiliki filosofis dan maknanya tersendiri.

Agenda berikutnya dilanjutkan dengan kunjungan WBI ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York Amerika Serikat, yang dilaksanakan di hari berikutnya, yakni pada hari Jumat, 23 Desember 2022. Pada kunjungan kali ini WBI Foundation diwakili oleh Ibu Yanti Airlangga selaku Founder dan Ketua Umum WBI, serta Bapak Winanto Adi selaku perwakilan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Proses penyerahan ini berlangsung dengan lancar dan memberikan dampak positif untuk perkembangan budaya Indonesia di masa yang akan datang. Adapun 5 helai wastra yang diserahkan terdiri dari Batik Tulis Sarung Sogan Motif Burung, Batik Tulis Sarung Peranakan, Batik Tulis Basurek, Batik Sarong Laseman dan Batik Tulis Cirebon.

Related Articles

March 11, 2023
Jagantara 2.0 2023, Ajak Anak Muda Lestarikan Budaya!Merajut Kebersamaan dalam Sebuah Keberagaman.
Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation yang bertujuan untuk melestarikan, menjaga,…
Read More
June 10, 2022
7 Motif Batik Solo & Maknanya!
Dari 7 motif Batik Solo masing-masing punya ciri khas yang berbeda. Namun Batik Solo selalu memiliki warna kecoklatan. Pada awalnya,…
Read More
November 28, 2022
Pesona Batik Kawung Pada Interior Masjid Sheikh Zayed Solo Sebagai Bentuk Akulturasi Budaya
Sumber: Kompas Batik telah menjadi identitas kebudayaan Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Motif nya yang beragam serta filosofi indah…
Read More
chevron-down