Stories

Sambal Tempoyak Berbahan Dasar Durian Asal Sumatera Selatan

Indonesia memiliki jutaan ragam kekayaan warisan budaya yang tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara. Mulai dari musik, tarian, adat istiadat hingga kuliner daerahnya yang khas. dan sambal merupakan salah satu warisan budaya Nusantara yang jadi primadona hampir di seantero negara.

Sambal identik dengan rasanya yang pedas dan gurih. Warna merah yang dihasilkannya pun membuat selera makan menjadi meningkat. Uniknya, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas sambalnya tersendiri, mulai dari sambal matah, sambal terasi, sambal goang, hingga sambal tempoyak.

Sambal Tempoyak merupakan sambal khas masyarakat Sumatera yang terbuat dari proses fermentasi buah durian. Sambal ini biasanya dikonsumsi sebagai sambal, bumbu penyedap, hingga pelengkap bahan masakan. 

Atas keunikannya itu, Sambal Tempoyak khas Palembang ini pun berhasil menyabet penghargaan Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO.

Kata “Tempoyak” sendiri adalah sebutan untuk buah durian yang difermentasi. Proses pembuatannya pun diawali dengan mengambil bagian daging durian lalu ditaburi sedikit garam dan disimpan selama beberapa hari dalam wadah yang tertutup. 

Kemudian, setelah durian tersebut berubah menjadi asam, barulah bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat sambal.

Untuk cita rasanya sendiri tergolong unik, karena memiliki rasa asam yang dihasilkan dari proses fermentasi pada buah durian. Dilansir dari laman dispar.lampungtengahkab.go.id, tempoyak ini diketahui telah menjadi bahan pelengkap masakan di Sumatera Selatan, lampung, Jambi, Bengkulu dan Kalimantan. 

Related Articles

December 16, 2022
Keunikan Konsep Acara Experiental Dinner KAUM Pada Perayaan Hari Sumpah Pemuda 2022
KAUM merupakan restoran asli Indonesia dari The Potato Head Family . Sebelum meluncurkan dua gerai pertama di Bali dan Hongkong,…
Read More
February 28, 2024
Perayaan Cap Go Meh WBI 2024 di Dharmawangsa. Mulai dari Dekorasinya yang Unik hingga Peragaan Busana Gaya Peranakan. 
Dalam rangka merayakan hari Raya Imlek, Warisan Budaya Indonesia Foundation menggelar sebuah acara bertajuk “Cap Go Meh 2024”. Acara ini…
Read More
May 10, 2024
Keunikan Suku Tobalo asal Sulawesi Selatan 
Tahukah Sahabat WBI, Suku Tobalo merupakan salah satu suku di Sulawesi Selatan yang memiliki keunikan pada fisiknya. Keunikan tersebut terletak…
Read More
chevron-down